Hai KBKB (Kutu Buku Kesaint Blanc)! Bagi kalian yang suka dengan kebudayaan Jerman dan mempelajari bahasanya, pasti tidak asing lagi dong dengan kota Berlin!? Kota Berlin mempunyai berbagai macam keunikan, baik dari kebudayaannya yang beragam hingga kulinernya yang menggugah selera (sebut saja sosisnya dan kue wafelnya). Salah satu daya tarik utama Berlin adalah sejarah kota itu sendiri. Berlin sudah menjadi ibukota sejak zaman kekaisaran Prusia (Preußen [baca: proi sen]) sekitar abad ke-18 (wow, lama sekali ya, guys). Kali ini kita akan mengajak KBKB untuk lebih mengenal tentang objek-objek wisata sejarah yang wajib Anda kunjungi jika sedang berada di kota Berlin.

museumsinsel-berlin1. Museumsinsel [mu ze ums/in zel]

Disebut Museumsinsel karena bentuknya yang menyerupai ‘pulau‘ kecil di tengah Sungai Spree. Di lokasi ini terdapat lima museum. Banyak ya! Museumsinsel merupakan tempat yang sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai wisata sejarah di Berlin. Di ‘pulau’ ini, terdapat: Altes Museum [al tes/mu ze um], Neues Museum [noi es/mu ze um], Alte Nationalgallerie [al te/na tsi o nal/ga le ri], Bode Museum [bo de/mu ze um], dan Pergamon Museum [per ga mon/mu ze um].

fernsehturm-berlin

2. Fernsehturm [fern/zey h/turm]

Merupakan bangunan tertinggi sekaligus menara TV pertama di kota Berlin. Menara ini dibangun pada tahun 1950-an di wilayah Berlin Timur (yang didominasi oleh kaum komunis) sebagai suatu upaya untuk menandingi Berlin Barat (yang didominasi barat/kapitalis-liberal). Setelah Wiedervereinigung [vii der/ver ai ni gung] pada tahun 1990, menara ini dijadikan simbol kota Berlin yang utuh. Ketinggiannya mencapai 368 m, pengunjung dapat melihat seluruh penjuru Berlin dari puncaknya. Wow! Pada ketinggian 204 m juga ada tempat observasi. Selain tempat observasi, disediakan pula restoran dengan meja berputar sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar. Tapi, siapkan uang sebesar € 12.50 untuk dewasa, dan anak usia 4-16 tahun dikenakan biaya € 8.00. Jika Anda ingin menyantap di restoran uniknya itu, maka perlu menyiapkan sekitar € 20. Jika Anda sudah di sana dan ingin tahu lebih banyak, yuk mulai dengan bicara Wo ist die Informationstelle? (Di mana kantor penerangan/pusat informasi? [vo/is/di/in for ma tsi on stel le]). Lihat buku Complete German terbitan Kesaint Blanc.

Berliner mauer3. Berliner Mauer [ber lin ner/mau wer]

Mungkin kita mengenalnya sebagai “Tembok Berlin” yang sudah diruntuhkan pada tahun 1989. Keine sorge! (jangan khawatir!) kita masih bisa melihat jejaknya di kota Berlin. Panjang tembok ini diperkirakan 155 km dengan tinggi 1,6 m! Coba saja lihat ke bawah ketika kamu berjalan-jalan di sekitar  Brandenburger Tor atau Reichstag (Gedung Parlemen Jerman [raihs tak]). Tidak jauh dari situ, kalian bisa menemukan Checkpoint Charlie, yaitu tempat di mana orang-orang dari Berlin Barat yang ingin ke Berlin Timur diperiksa barang bawaannya. Hal menarik lainnya adalah potongan tembok yang tidak bisa diruntuhkan yang disebut Ostgallerie (Galeri Timur [os/ga le ri]). Bingung, di mana tempatnya? Jangan malu bertanya! Tanyalah orang sekitar menggunakan Wo ist…? (Di manakah…? [vo/is]). Lihat buku Praktis Jerman dalam 1 Minggu.

library (44) FA Jaket Praktis Satu Minggu - JermanPaket Buku Complete GermanTertarik untuk belajar Bahasa Jerman lebih dalam dan menyenangkan? Ada berbagai macam pilihan buku dari koleksi Kesaint Blanc. Baik itu kursus audio 10 hari Get Talking German, Praktis Jerman Dalam Satu Minggu, dan Complete German. Yuk mulai belajar bahasa Jerman sambil jalan-jalan di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation